Sunday, March 18, 2018

Tips Sebelum Merakit Sebuah Komputer atau PC Agara Aman

Langsung saja kita bahasa mengenai apa saja tips yang perlu dilakukan untuk membuat sebuah komputer rakitan. Komputer atau PC rakitan banyak macamnya ada yang digunakan untuk bekerja atau hanya sekadar main game. Cara merakit komputer atau PC sendiri tidaklah terlalu sulit seperti bahasanya.

Tips Sebelum Merakit Sebuah Komputer atau PC Agara Aman

Dalam artikel ini, Sorinfo akan menjelaskan secara detail hal yang perlu anda perhatikan sebelum siap membuat sebuah komputer atau PC rakitan. Buat anda yang belum pernah sama sekali merakit komputer atau PC sebelumnya pun dapat mengikuti artikel ini dengan mudah.

Tips Sebelum Merakit Komputer atau PC


Sebelum merakit komputer atau PC anda sendiri, ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan. Berikut adalah tips cara sebelum merakit komputer atau PC:

Baca dan Simpan Buku Motherboard

Anda dapat melihat langkah atau aturan motherboard milik anda pada manual yang disertakan. Sangat berguna apabila anda mulai bingung terhadap kabel yang harus dipasangkan dengan sebuah soket.

Perhatikan PSU Untuk Komponen PC

PSU yang baik akan memperpanjang umur hardware, pilihlah sebuah PSU yang berkualitas. Kartu grafis yang kuat untuk dapat berjalan optimal apabila anda memiliki PSU yang memiliki efisiensi tinggi. Apabila budget anda memungkinkan, silakan memilih PSU dengan efisiensi paling tidak 80+ Bronze.

Hati-hati Terhadap Listrik Statis

Komponen PC sangat sensitif terhadap sebuah tegangan listrik. Bahkan tegangan yang sangat rendah pun akan bisa merusak sebuah komponen PC yang anda miliki. Solusinya, pastikan anda tidak memiliki listrik statis dalam badan anda. Untuk menghilangkan listrik statis di badan, anda dapat memegang objek metal yang tertanam ke dalam tanah (grounded). Penggunaan gelang anti statis juga sangat disarankan dalam merakit sebuah komputer atau PC.

Rakit sebuah komputer atau PC di atas meja atau pada permukaan rata. Saat merakit, hindari berdiri di atas sebuah karpet. Hal ini dikarena gesekan antara kaki/celana/kaus kaki dan benda lain anda  dengan karpet bisa jadi akan berpotensi menimbulkan listrik statis.

Percayalah Akan Ada Upgrade Komponen PC 

Apakah anda memerlukan prosesor generasi baru untuk keperluan kerja anda? Apakah anda benar-benar memerlukan DDR4? Apakah casing yang digunakan dapat menampung penggunaan kartu grafis yang memiliki ukuran besar? Hal ini penting dalam memilih komponen dan tentunya akan menghemat banyak anggaran anda di masa depan.

Perhatikan Review Barang

Jangan begitu saja percaya dengan satu situs review produk yang anda inginkan. Biasakan untuk melihat review sebuah produk dari situs yang berbeda. Hal ini akan menambah refrensi dan wawasan anda tentang suatu produk.

Perencanaan Kabel Komputer atau PC

Memasang kabel yang baik tidak hanya akan membuat PC anda lebih rapi, tetapi juga akan membuat sirkulasi udara komputer atau PC lebih lancar. Dan kemungkinan debu menumpuk juga akan dapat diminimalisir.

Jangan Beli Barang Asalan

Contoh: Anda ingin membeli sebuah monitor yang berfungsi baik dan tahan lama, bukan yang besar dan casingnya bagus.

Simpan Semua Bukti-bukti Pembelian

Saat terjadi kerusakan dan mengharuskan anda melakukan RMA (Return Merchandise Authorization, atau mengembalikan barang ke pabrik untuk diperbaiki/diganti unit baru). Anda akan diminta mengembalikan hardware beserta bukti-buktinya seperti kartu garansi atau buku guide dan lainnya untuk mendapatkan penggantinya.

Berhati-hati Saat Menyentuh I/O shield

I/O Shield adalah sebuah lempengan besi biasanya dipasang ditempel dicasing sebelum memasang motherboard. I/O Shield berfungsi menutupi dan memberi sekat antar port agar mudah diketahui bagiannya. Hati-hati dengan bagian tepi benda ini yang sangat tajam. Anda harus ekstra hati-hati ketika memegang benda ini.

Demikianlah cara yang anda bisa lakukan sebelum mulai merakit komputer atau PC anda. Agar anda aman merakit sebuah komputer silahkan ikuti tips di atas. Semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk anda yang akan merakit sebuah komputer atau PC.
Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk bagikan ke sosial media anda. Terimakasih telah membagikan artikel ini, temukan artikel lain yang menarik di bawah ini.

Berkomentar dengan cara yang santun dan berhubungan dengan artikel.
EmoticonEmoticon