Tuesday, April 10, 2018

Tutorial Mengatasi (Hardware) Masalah Sinyal pada Smartphone Android

Banyak yang bertanya kenapa sinyal smartphone yang dimilikinya menjadi lemah mendadak, setelah dicek persoalannya ternyata bukan pada sistem melainkan sudah pada hardware. Hal begini mungkin jarang saja terjadi apalagi smartphone sekrang sudah anti jatuh alias tahan jatuh. Tapi bisa saja hal itu terjadi dan mengalamai kerusakkan hardware pada penangkap sinyal smartphone android.

Tutorial Mengatasi (Hardware) Masalah Sinyal pada Smartphone Android

Pada postingan ini Sorinfo akan memberikan tutorial kepada anda cara memperbaiki smartphone android yang memiliki sinyal lemah atau no signal. Bagi anda yang memiliki ilmu atau jurusan mengenai hardware sudah sepatutnya mencoba cara ini jika hal yang telah disampaikan di atas terjadi. Tapi kadang-kadang tidak di sangka-sangka juga terkadang bisa juga karena sudah karna kebanyakan IC Pa bermasalah, karna Ic Pa ini adalah Ic sinyal dari sim card 1 sama sim card 2. Semoga ini bisa membantu anda untuk mengatasi permasalahalan android yang sinyalnya lemah atau no signal, bisa juga jaringan seluler tidak tersedia, atau hilang timbul kadang ada kadang tidak.


Anda bisa menyimak tutorial pada tulisan di bawah ini, dengan anda membaca artikel ini, kemungkinan smartphone anda yang tadinya sinyalnya lemah dapat bisa kembali full sinyal. Langsung saja silahkan anda baca tutorial pada tulisan di bawah ini dan ikuti langkahnya pelan-pelan:

Tutorial Mengatasi Gangguan Sinyal Smartphone


  1. Anda ambil smartphone android anda yang bermasalah, dan bongkar sampai mesin smartphone android terpisah sama casing smartphonenya.
  2. Kemudian anda langsung fokus kepada bagian Antena Sinyal, jika menggunakan Kabel Antenna Sinyal anda Ukur dengan Multitester, pastikan keadaannya baik-baik tidak putus. Jika putus anda tinggal ganti saja yang baru, karena itu bisa menyababkan sinyal pada android anda hilang. Jika tidak mengunakan Kabel Antenna anda fokus pada Kaki Pin Antenna masih menyabung dangan baik atau tidak. Coba anda bersihkan dulu Kaki Pin Antenna dengan mengunakan Penghapus atau Thinner cat, kemungkinan ada karat pada Kaki Pin Antenna Sinyal yang mana itu bisa menyebabkan sinyal hilang atau tidak ada sinyal.
  3. Langkah Berikutnya anda bisa lakukan Trik Jumper, sekarang anda cari Port Antenna Sinyal. Kemudian anda lakukan Trik Jumper, hal ini dapat membuat komponen yang putus bisa tersambung kembali.
  4. Langkah Terakhir, jika semua tutorial masih tidak bisa mengatasi masalah sinyal di smartphone anda. Berarti hal itu bisa jadi ada kemungkinan rusak pada Ic Sinyal atau bisa disebut Ic PA, anda coba lakukan Rehot pada Ic mengunakan Blower dan mengunakan Flux yang banyak lalu anda buka dan pasang kembali. Anda coba rapikan atau cetak ulang lagi kaki-kakinya kemungkinan ada yang tidak nyambung atau terjadi korosi.

Catatan: jika masih tidak ada sinyalnya anda lakukan ganti saja IC Pa dengan yang baru atau anda bisa mengganti dari mesin smartphone yang rusak tadi.


Demikianlah tutorial tentang cara mengatasi gangguan sinyal smartphone pada android ini. Semoga dengan cara dan langkah-langkah di atas anda dapat menggunakan kembali smartphone android anda. Jangan lupa untuk memperhatikan barang-barang yang dibongkar, lebih baik siapkan wadah penampungannya agar tidak hilang tercecer.
Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk bagikan ke sosial media anda. Terimakasih telah membagikan artikel ini, temukan artikel lain yang menarik di bawah ini.

Berkomentar dengan cara yang santun dan berhubungan dengan artikel.
EmoticonEmoticon