Sunday, March 25, 2018

2 Cara Mudah Mengembalikan Android Kembali Ke Setelan Pabrik

Smartphone android merupakan jenis OS yang memiliki pengguna paling banyak diantara OS lainnya. Selain mudah dan user friendly, android juga dapat mengalami masalah atau error ketika digunakan. Salah satu cara yang dapat mengatasi masalah android ini yaitu dengan cara melakukan penyetelan ulang smartphone android ke setelan pabrik kembali.


Penyetelan ulang ini bisa dinamakan factory reset, yang merupakan solusi paling mudah bagi anda yang mengalami error pada smartphone android. Factory reset ini juga mempunya fitur Recovery Mode untuk mereset ulang smartphone android. Recovery Mode dilakukan untuk membuat smartphone android anda kembali seperti baru lagi.

Ini adalah beberapa kasus yang dapat diperbaiki ulang dengan Recovery Mode:

  1. Masalah booting pada smartphone android seperti stuck di logo saat menghidupkan android.
  2. Lupa password atau PIN pada perangkat smartphone android 
  3. Aplikasi di android mengalami corrupt atau kerusakan yang membuat android anda lambat dan sulit diakses.
  4. Smartphone android tidak merespon walaupun android sudah hidup.

Melakukan hard reset atau setelan ulang android ke settingan pabrik bisa dilakukan melalui setting menu. Namun ada juga cara lainnya dalam melakukan hard reset untuk mengembalikan ke settingan awal atau setelan pabrik. Berikut akan dijelaskan cara mudah mengembalikan android ke setelan pabrik:

Cara Pertama: Reset Ulang  Smartphone Android Melalui Menu Setting


Ternyata ada cara agar bisa melakukan reset ulang perangkat Android seperti baru lagi atau dengan kata lain seperti bawaan pabrik. Dengan cara mengakses menu secara langsung pada pengaturan smartphone android, tetapi yang perlu diperhatikan sebelum anda melakukan reset factory yaitu harus melakukan backup semua file-file yang penting. Karena proses ini akan mengembalikan android ke settingan default akan menghapus seluruh dokumen yang tersimpan di memori internal. Anda dapat menyimpan file atau data anda di komputer atau memori eksternal. Berikut ini adalah cara bagaimana mereset smartphone android ke setelan pabrik baru melalui menu setting:

  1. Masuk ke menu "Setting" (pengaturan)
  2. Geser layar ke bawah dan cari menu "Backup dan Reset"
  3. Lalu pilih pilihan pada factory reset data
  4. Klik pilihan yang sesuai, lalu pilih reset device
  5. Tunggu proses hingga "Reset Factory Data" selesai
  6. Setelah semua selesai, smartphone android anda akan melakukan restart secara otomatis  

Cara Kedua: Hard Reset Smartphone Android Ke Setelan Pabrik


Mode recovery merupakan cara mengembalikan pengaturan smartphone android ke setelan pabrik dan merupakan langkah terakhir yang paling ampuh untuk menyetel ulang perangkat android. Proses ini dilakukan anda sama sekali tidak dapat akses menu di layar smartphone android atau tablet anda. Hal ini dikarenakan terjadinya corrupt/error misalnya.

Melakukan proses setelan pabrik bisa mengalami kegagalan yang disebabkan oleh beberapa faktor. Jadi lakukan setiap cara supaya peluang berhasil mengembalikan setelan pabrik android dapat seperti baru lagi.

Sebagai info tambahan, bahwa menu "Recovery Mode" tidak semua merk smartphone/tablet terdapat menu recovery, anda dapat mencari aplikasi mode recovery dari pihak ke 3 yang mendukung merek dan juga tipe smartphone android anda.

Proses hard reset (setelan pabrik) android melalui mode recovery hanya bisa dilakukan saat smartphone android dalam kondisi mati/off, berikut ini cara yang dipakai untuk melakukan hard reset (setelan pabrik) android ke settingan awal pabrik:

  1. Langkah pertama pastikan bahwa baterai mencukupi (di atas 50% lebih baik). Karena proses recovery mode akan memerlukan daya baterai cukup banyak.
  2. Matikan android dengan cara menekan dan tahan tombol "Power (on/of)" serta "Volume Up" dan "Home" secara bersamaan selama beberapa detik.
  3. Tombol "Volume Up" untuk memilih menu factory reset atau wipe data
  4. Selanjutnya tekan tombol "Home" untuk memproses pengembalian setelan pabrik
  5. Tunggu beberapa saat sampai terlihat proses hard reset (setelan pabrik) selesai.
  6. Selanjutnya pilih menu "Reboot System Now" untuk menghidupkan kembali android.

Demikianlah cara yang bisa dilakukan agar android dapat kembali lagi seperti setelan pabrik. Bagi anda yang sudah mengikuti tutorial di atas dapat melakukan pengecekkan di menu settingan dan lihat apakah kondisi sudah kembali seperti awal membeli smartphone tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda yang ingin mengembalikan android ke versi setelan pabrik.
Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk bagikan ke sosial media anda. Terimakasih telah membagikan artikel ini, temukan artikel lain yang menarik di bawah ini.

Berkomentar dengan cara yang santun dan berhubungan dengan artikel.
EmoticonEmoticon