Saturday, March 24, 2018

Cara Re-Writeable Menghapus CD/DVD RW di Windows Tanpa Software

Sebagaian anda mungkin menggunakan CD/DVD RW untuk menyimpan data atau file tertentu. Tetapi kemudian waktu anda ingin menghapus ulang atau mengisi ulan CD/DVD RW tersebut entah karena ada yang salah atau bagaiamana. Jangan khawatir, Sorinfo akan memberikan bagaimana melakukan re-writeable atau menghapus isi CD/DVD RW tersebut dan mengisinya dengan file baru. 

Cara Re-Writeable Menghapus CD/DVD RW di Windows Tanpa Software

Di antara anda mungkin ada yang tertarik menggunakan software langsung dan tidak mengetahui bahwa windows mempunyai software bawaan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tapi perlu anda ketahui bahawa Windows juga menyediakan sebuah software bawaan untuk menghapus isi CD/DVD RW. Dalam hal ini Windows menyediakan pilihan untuk menghapus file yang ada di dalam CD/DVD RW.

Di dalam tutorial ini, akan diberitahu bagaimana kita dapat menghapus isi CD/DVD RW disk tanpa perangkat lunak apapun di dalam Sistem Operasi Windows! Anda tentu pernah mendengar istilah CD/DVD re-writable (bisa dibuat ulang kembali) atau bisa saja anda pernah menggunakannya? Pada artikel komputer kali ini, Sorinfo akan berbagi bagaimana cara menghapus isi CD/DVD RW atau nama lainnya re-writable pada Windows agar bisa di isi kembali. Berikut ini adalah langkah-langkahnya, silahkan disimak:

Cara Re-Writeable CD/DVD RW di Windows


Catatan: Jika anda mecoba cara ini, maka semua data yang ada pada disk anda akan terhapus. Sebaiknya lakukan terlebih dahulu back up data penting anda. Langsung saja untuk caranya:

  1. Masukkan re-writable CD/DVD ke dalam CD/DVD drive
  2. Di Windows Explorer, klik "Computer".
  3. Klik kanan pada CD/DVD drive, kemudian pilih "Erase this Disk"
  4. Pada wizard "Burn to Disc" klik Next
  5. Windows otomatis mulai menghapus disk dan otomatis menutup setelah penghapusan selesai

Update: Tidak tahu pasti berapa kali CD/DVD-RW ini dapat digunakan (dihapus dan diisi kembali) tapi kemungkinan selama kondisi disk masih dalam kondisi baik dan tidak digunakan secara ekstrim (burn atau pengisian yang berulang-ulang)  disk masih dapat digunakan. Namun, jika sudah mengalami goresan yang banyak, kemungkinan data yang akan anda burn tidak bisa terbaca.
Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk bagikan ke sosial media anda. Terimakasih telah membagikan artikel ini, temukan artikel lain yang menarik di bawah ini.

Berkomentar dengan cara yang santun dan berhubungan dengan artikel.
EmoticonEmoticon