Friday, April 6, 2018

Hal yang Menjadi Penyebab Laptop Panas Terlalu Cepat atau Overheat

Penggunaan laptop atau komputer yang berlebihan dapat menimbulkan masalah yaitu bisa menyebabkan perangkat menjadi panas atau bisa juga disebut overheat. Untuk itu perlu diketahui apa penyebab laptop atau komputer menjadi panas. Overheat atau panas pada laptop merupakan salah satu penyebab yang membuat laptop cepat aus atau berumur pendek, terutama hardware di dalamnya.

Hal yang Menjadi Penyebab Laptop Panas Terlalu Cepat atau Overheat

Laptop meski memiliki kipas sebagai pendingin dan pengatur sirkulasi udara terkadang masih overheat dikarenakan kelalaian kita sendiri dalam melakukan perawatan maupun pemakaian laptop. Panas pada laptop yang berlebih mampu membuat kinerja laptop terganggu, biasanya yang paling sering terjadi masalah hang atau not responding.

Laptop yang cepat panas dan overheat biasanya memiliki ciri yang mudah dirasakan, biasanya jika laptop digunakan 2-3 jam, maka bagian bawah laptop sudah terasa panas, melebihi batas normal. Hal ini menyebabkan laptop akan mati sendiri karena di dalam pengaturan BIOS, jika suhu laptop melebihi batas yang telah di setting, maka laptop otomatis akan mati sendiri, hal ini dilakukan untuk melindungi hardware dari efek panasnya laptop.

Berbeda dengan komputer PC yang memiliki ruang sirkulasi udara lebih luas, laptop maupun notebook di desain dengan model yang tipis dan slim sehingga ruang sirkulasi udara lebih sempit dan minim. Komputer PC pun biasanya masih dipasang kipas double untuk membantu sirkulasi udara, karena biasanya penggunaan komputer lebih lama, bisa 4-6 jam, sehingga bagi yang bekerja lama di IT, disarankan menggunakan komputer saja.

Berikut ini akan diulas mengenai penyebab laptop cepat panas dan overheat lebih detil berdasarkan pengalaman pada umumnya dan informasi yang beredar di internet sebagai tambahan referensi. Karena kita tahu banyak sekali pengalaman pengguna laptop yang mengeluhkan kenapa laptop mereka cepat panas?

Inilah Penyebab Laptop Cepat Panas


Mungkin salah satu dibawah ini bisa menjadi penyebab laptop anda yang cepat panas atau overheat. Berikut inilah 5 yang menjadi penyebab laptop anda cepat panas atau overheat:

Penyebab Pertama: Laptop Cepat Panas Karena Durasi Pemakaian Terlalu Lama

Penggunaan laptop yang terlalu lama bisa memicu laptop overheat, apalagi laptop digunakan untuk main game, mendesain, atau multitasking yang banyak. Jika memang berniat menggunakannya dalam waktu nyala yang lama, maka persiapkan cooling pad atau gunakan di tempat terbuka agar sirkulasi udara luar mampu mendinginkan laptop.

Penyebab Kedua: Laptop Cepat Panas Karena Peletakan Laptop yang Salah

Peletakan laptop yang salah ini kebanyakan terjadi di kalangan mahasiswa maupun siswa. Terkadang mereka yang tidak tahu cara yang benar merawat laptop, menggunakan laptop disembarang tempat, misalnya di atas bantal, diatas kasur dll. Intinya, jika anda menggunakan laptop dalam keadaan santai, pastikan tatakan laptop anda keras, misalnya meja belajar kecil terbuat dari kayu, atau meja laptop yang sekarang ini sudah banyak diperjualbelikan di toko online, diatas lantai keramik rumah dsb. Hindari penggunaan tatakan dari bahan yang mampu menghambat sirkulasi udara laptop sehingga mampu menyebabkan laptop cepat panas atau overheat.

Penyebab Ketiga: Laptop Cepat Panas Karena Kipas Tidak Berfungsi Normal

Kipas di dalam laptop yang tidak berputar/berfungsi sebagai mana mestinya menjadi penyebab laptop cepat panas. Sering kali hal ini diabaikan oleh sebagaian besar pengguna karena laptop terlihat masih berjalan normal, namun selang beberapa waktu, hal itu akan berdampak pada hardware dan kinerja laptop. Gejala yang muncul biasanya sering hang atau bahkan mati sendiri. Kipas yang tidak berfungsi normal itu harus diperbaiki, minimal lakukan pembersihan. Karena jika tidak segera dilakukan perbaikan atau pembersihan dari debu kotoran, maka kipas tidak bisa mengatur sirkulasi udara panas yang ada di dalam laptop sebagai mana mestinya.

Penyebab Keempat Laptop Cepat Panas Karena Thermal Paste Mengering

Thermal paste biasanya terdapat diatas procesor yang berfungsi untuk mengurangi hawa panas yang dihasilkan oleh procesor. Thermal paste ini juga memiliki umur sebagaimana pelumas pada umumnya, semakin lama penggunaan laptop, maka semakin berkurang juga kinerja thermal paste. Kasus ini banyak terjadi pada laptop yang sudah berusia 3-4 tahun, jadi membutuhkan perbaikan/penggantian pada thermal paste untuk mengatasinya.

Penyebab Kelima Laptop Cepat Panas Karena Ventilasi Udara Tersumbat

Ventilasi udara dimiliki oleh setiap laptop sebagai jalan untuk keluar masuknya udara yang dialirkan oleh kipas. Ventilasi udara ini bermacam-macam lokasinya, ada yang dibawah laptop, ada yang disamping, ada yang berada di samping depan dll. Jika ventilasi udara ini terganggu baik oleh debu ataupun benda seperti tatakan bantal atau karpet, maka laptop akan cepat panas. Jika ventilasi ini tertutup oleh debu, maka segera lakukan pembersihkan.

Demikian pembahasan postingan penyebab laptop cepat panas atau overheat. Dari 5 hal di atas bisa jadi salah satunya menjadi penyebab laptop anda cepat panas. Jadi silakan anda sebisa mungkin untuk merawat dan menggunakan laptop dengan benar. Semoga postingan ini bermanfaat untuk anda. Selanjutnya anda dapat membaca tips lain mengenai komputer di Blog Sorinfo ini.
Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk bagikan ke sosial media anda. Terimakasih telah membagikan artikel ini, temukan artikel lain yang menarik di bawah ini.

Berkomentar dengan cara yang santun dan berhubungan dengan artikel.
EmoticonEmoticon