Sunday, April 1, 2018

Cara Cepat Mematikan atau Melakukan Shut Down pada Komputer dan Laptop

Mematikan atau melakukan shut down pada komputer memang terbilang mudah tapi, tahukah bahwasanya ada berbagai macam cara terutama yang cepat untuk mematikan komputer. Misalnya cara mematikan laptop dengan keyboard, cara ini terbilang mudah dan simpel tanpa harus mencari-cari program dan klik-klik mouse atau menggerakkan touchpad pada layar laptop. Selama ini sudah banyak cara yang bisa dilakukan untuk mematikan laptop setelah selesai digunakan. Namun, jika tidak mematikan laptop dengan benar dan semestinya malah bisa menimbulkan masalah.

Cara Cepat Mematikan atau Melakukan Shut Down pada Komputer

Misalnya mematikan laptop dengan langsung mencabut baterai atau jika penggunaan laptop tanpa baterai dan langsung memakai colokan listrik lalu mematikan laptop dengan langsung mencabut colokan. Perilaku mematikan laptop seperti itu kurang tepat dan dapat menyebabkan kerusakkan sistem windows bahkan hardware laptop.

Cara mematikan laptop menggunakan keyboard ini dapat diaplikasikan pada berbagai merk laptop semisal Asus, Acer, Thosiba, Lenovo, Dell, Sony, Vaio, dan lainnya. Tips ini pun merupakan salah satu cara yang benar dalam mematikan laptop. Jadi anda tidak perlu khawatir tentang cara yang akan dijelaskan Sorinfo di bawah ini.

Bagi sebagian orang yang setiap hari bergelut dengan komputer atau laptop cara-cara ini mungkin sudah menjadi kebiasaannya. Dimana cara ini hanya butuh waktu beberapa detik atau bahkan dengan menutup laptop saja, maka laptop sudah dianggap shutdown (cara ini harus dilakukan terlebih dahulu dengan setting pada power system). Untuk artikel kali ini, anda akan mendapatkan pengetahuan tentang salah satu cara mematikan laptop yang benar. Cara ini juga berlaku untuk berbagai macam Windows, baik itu Windows XP, Windows 7, Windows 8 dan 8.1 serta Windows 10. 

Cara Cepat Mematikan atau Melakukan Shut Down Laptop dan Komputer dengan Keyboard


Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Langkah Mematikan ke 1. Pastikan anda berada di Desktop - lalu Tekan Alt + F4 (note: tekan Alt dulu, lalu F4).
  2. Langkah Mematikan ke 2. Kemudian akan muncul tampilan Shut Down di layar laptop atau komputer anda. Dari beberapa windows mungkin akan berbeda-beda interfacenya.
  3. Langkah Mematikan ke 3. Klik OK. Tunggu sampai laptop anda benar-benar sudah mati.

Catatan:

Jika anda sedang menjalankan program misal Microsoft Word, Photoshop, lalu anda menuju Desktop, kemudian menekan tombol Alt + F4. Kemungkinan akan muncul tampilan Force Shut Down. Saran saja untuk menunggu sebentar hal tersebut tapi, kalau anda terburu-buru klik saja tombol Force Shut Down tersebut. 

Tips Sebelum Mematikan Laptop atau Melakukan Shut Down pada Komputer dan Laptop


  1. Pastikan seluruh program dan aplikasi sudah selesai dan disimpan dengan baik, kemudian close (tekan tombol x pada aplikasi yang berjalan) seluruh program.
  2. Setelah aplikasi dan program yang berjalan sudah dimatikan, lakukan clear cache. Anda bisa memakai aplikasi Ccleaner untuk membersihkan cache pada laptop anda.

Itulah sedikit tips yang perlu anda ketahui agar proses shutdown atau cara mematikan laptop anda dapat berjalan lancar dan prosesnya menjadi cepat.

Demikian cara cepat mematikan laptop dan melakukan shut down komputer anda hanya perlu melakukan beberapa langkah saja. Pastikan posisi tampilan sudah di dekstop - lalu tekan Alt + F4 - Klik Enter. Semoga postingan Sorinfo kali ini bermanfaat untuk anda dalam mengetahui tips komputer atau laptop.
Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk bagikan ke sosial media anda. Terimakasih telah membagikan artikel ini, temukan artikel lain yang menarik di bawah ini.

Berkomentar dengan cara yang santun dan berhubungan dengan artikel.
EmoticonEmoticon