Sunday, April 1, 2018

Cara Membersihkan dan Merawat Keyboard Laptop Agar Awet

Hati-hati dalam menggunakan laptop, baik anda menggunakannya di indoor ataupun outdoor. Hal ini berhubungan dengan kebersihan laptop anda termasuk keyboard laptop anda. Tentu saja anda tidak mau laptop anda menjadi kotor. Jika sudah terlanjur kotor anda tidak perlu khawatir bagaimana cara membersihkan keyboard dan merawat keyboard laptop karena postingan kali ini akan membahas hal tersebut.


Membersihkan keyboard laptop merupakan bagian dari cara merawat laptop agar awet dan tidak rusak. Sama halnya dengan cara merawat baterai, keyboard merupakan komponen terpenting yang digunakan untuk aktivitas multitasking, sehingga perlu dijaga dari kotoran misalnya debu atau benda cair (air atau minyak). Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara membersihkan keyboard dan tips merawatnya?

Keyboard laptop atau papan ketik ini biasanya mudah sekali kotor oleh karena debu. Selain disebabkan karena tempatnya berada di muka, mungkin secara tidak sadar pada waktu kita menggunakan keyboard tangan kita masih kotor atau berdebu. Jadi, kotoran langsung jatuh dan masuk melalui celah-celah tombol keyboard. Hal ini bisa menyebabkan tombol keyboard tidak berfungsi dengan baik dan ini sangat mengganggu aktivitas kerja anda. Jadi, sebaiknya anda untuk melakukan pembersihan keyboard laptop secara berkala.

Postingan kali ini Sorinfo akan memberikan beberapa langkah atau cara membersihkan keyboard laptop dan tips merawatnya dengan baik dan benar agar keyboard laptop Anda awet dan tidak rusak. Langsung saja simak cara membersihkan dan merawat keyboard laptop berikut ini: 

Langkah-langkah Membersihkan Keyboard Laptop

  1. Pastikan laptop anda dalam keadaan mati, dan lepaskan seluruh colokan yang menempel pada laptop misalnya charger, USB, dan colokan headset.
  2. Carilah tempat yang memiliki intensitas cahaya terang. Bawa alat pembersih misalnya penyedot debu, kompresor angin, atau kuas kecil. Contohnya USB mini vacuum dibawah ini yang harganya kisaran 15rbu-20rbuan. Anda bisa membelinya di toko komputer atau laptop terdekat di tempat anda.
  3. Mulai bersihkan keyboard laptop dengan alat pembersih dengan cara memiringkan laptop dan ambil sudut di mana anda bisa membersihkan laptop secara maksimal.
  4. Ulangi pembersihan secara bershaf dari tombol yang paling atas sampai yang paling bawah.
  5. Setelah selesai, lakukan pengecekan dengan menekan tombol satu persatu Apakah ada yang mengganjal atau tidak? Hal ini wajib dilakukan untuk mengetahui tiap tombol masih berfungsi baik atau sudah ada cacat.
  6. Kemudian bersihkan bagian atas tombol keyboard menggunakan alkohol berkadar rendah dengan cara mengusap-usap halus.
  7. Setelah itu, tunggu sampai kering dan hindari laptop dari tempat yang berdebu.

Tips membersihkan keyboard laptop pada umumnya langkah-langkahnya seperti di atas. Anda bisa mencoba tips di atas secara berkala minimal 1 minggu 2 kali. Namun jika anda memiliki mobilitas tinggi, sering menggunakan laptop di luar rumah minimal bersihkan 2-3 kali seminggu.

Tips Merawat Keyboard Laptop

  1. Gunakan keyboard Protector untuk melindungi keyboard dari debu dan cairan. Meski hal ini tidak melindungi secara maksimal, paling tidak meminimalisir kotoran untuk masuk ke dalam keyboard.
  2. Hindari kebiasaan menggunakan laptop sambil merokok. Biasanya secara tidak sadar kotoran bekas rokok jatuh di atas keyboard.
  3. Lakukan pembersihan rutin menggunakan vacuum cleaner mini minimal 2 kali 1 minggu.
  4. Hindari menekan keyboard terlalu keras, biasanya menggunakan pada saat bermain game. Gunakan joystick atau keyboard external khusus untuk bermain game. Karena jika memakai keyboard bawaan laptop, mengurangi bahkan merusak sensitifitas dari tombol keyboard.
  5. Jangan menggunakan laptop dekat dengan benda cair atau tempat yang berdebu.

Beberapa tips di atas bisa dipakai untuk meminimalisir keyboard kotor, sehingga keyboard laptop anda tetap awet dan tidak rusak. Selain itu tetap lakukan pembersihan secara rutin pada keyboard laptop.

Demikianlah postingan cara membersihkan dan merawat keyboard laptop dan tips merawatnya dengan baik agar awet. Jangan lupa untuk mempersiapkan alat-alat pembersih keyboard seperti penyedot debu mini, atau kompresor mini, kuas kecil, air khusus pembersih laptop, biasanya dijual di toko komputer. Semoga artikelnya bermanfaat dan membantu anda untuk mengetahui cara membersihkan dan merawat keyboard laptop anda.
Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk bagikan ke sosial media anda. Terimakasih telah membagikan artikel ini, temukan artikel lain yang menarik di bawah ini.

Berkomentar dengan cara yang santun dan berhubungan dengan artikel.
EmoticonEmoticon