Monday, March 26, 2018

Cara Mengatur Penggunaan Kuota Jaringan 3G dan 4G Semua Operator di Android

Saat ini hampir setiap smartphone android sudah mulai mendukung jaringan 3G maupun 4G di seluruh operator. Jaringan 4G sudah didukung oleh operator lokal dan cara menggunakan jaringan ini pun terutama smartphone anda sudah harus mendukung jaringan 4G. Tapi bukan berarti jaringan 3G dilupakan begitu saja, anda juga dapat menggunakannya melalui sedikit pengaturan kuota yang akan dibahas pada postingan ini.

Cara Mengatur Penggunaan Kuota Jaringan 3G dan 4G Semua Operator di Android

Sebelum itu silakan pastikan apakah di daerah anda sudah support jaringan 4G atau 3G. Untuk jaringan 3G mungkin sudah hampir merata dan bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia. Selanjutnya mengatur penggunaan kuota 4G di jaringan 3G atau bisa juga dilakukan sebaliknya.

Cara Mengatur Settingan Kuota 3G Menjadi 4g


Langsung saja berikut ini adalah cara yang dapat digunakan untuk mengatur penggunaan kuota 3G dan 4G di semua operator:

Cara Pertama: Kode Rahasia *#*#4636#*#

Anda dapat menggunakan kode rahasia *#*#4636#*# di smartphone. Cara yang satu ini tergolong sangat mudah. Anda dapat langsung mengetikkan kombinasi nomor yang tersebut melalui menu aplikasi telepon bawaan android. Jika sudah masuk, anda bisa melanjutkan dengan memilih informasi telepon. Berikutnya setel jenis jaringan yang anda sukai (LTE only untuk 4G dan ada pilihan lainnya). Pilih sesuai kuota yang anda miliki ada pada jaringan 3G atau 4G.

Cara Kedua: Menggunakan kode *#0011#

Selanjutnya cara kedua masih tetap menggunakan kode *#0011# ikuti langkah seperti biasa. Jika sudah mengetiknya dimenu telpon. Lalu masuk pada servive mode, silakan anda tekan tombol menu setelah itu pilih key input, masukan value ”Q” huruf besar, kemudian silakan anda pilih back (kembali) dan juga pilih kembali key input, untuk yang kedua maka silahkan anda bisa menggunakan value”0000”.

Lanjut masuk pada menu jaringan dan anda langsung saja memilih “CDMA” dan untuk yang terakhir anda akan masuk di menu jaringan, dan di sini anda melihat jaringan LTE, dan agar anda bisa mengubah jaringan 3G ke 4G silakan pilih authomatic. Tunggu beberapa saat sampai jaringan smartphone berubah ke 4G. Saat jaringan anda berubah menjadi 4G LTE maka anda tidak bisa menerima pesan atau panggilan suara. Kenapa? Karena smartphone anda belum mendukung.

Cara Ketiga: Menggunakan  4G LTE Modem Mifi

Cara terakhir ini menggunakan modem Mifi 4G LTE. Pertama anda hanya perlu memindahkan kartu yang memiliki kuota 4G atau 3G ke modem ini. Selanjutnya anda sudah bisa menikmati kuota tersebut.

Demikian cara yang bisa dilakukan dengan mengatur penggunaan kuota android anda. Tentunya dengan cara ini anda dapat menghembat paket kuota tertentu anda. Semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk anda.
Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk bagikan ke sosial media anda. Terimakasih telah membagikan artikel ini, temukan artikel lain yang menarik di bawah ini.

Berkomentar dengan cara yang santun dan berhubungan dengan artikel.
EmoticonEmoticon