Saturday, March 31, 2018

Cara Mudah Untuk Merubah TV Analog Menjadi TV Digital

TV analog adalah sebuah TV yang paling banyak dinikmati oleh masyarakat Indonesia baru-baru ini yang mana sebelumnya masyarakat Indonesia lebih banyak menggunakan TV Analog. Hal ini kerana TV analog lebih murah, dan pastinya untuk menonton siaran televisi tidak perlu bayar alias gratisan. Namun, kelemahan dari TV analog ini adalah kualitas gambar dan suara yang buruk jika dibandingkan dengan siara TV digital. Kualitas gambar dan suara TV digital yang biasa dinikmati dengan menggunakan parabola ataupun beralngganan TV cabel lebih jernih. Namun tentu saja anda harus mengeluarkan biaya lebih mahal.

 Cara Mudah Untuk Merubah TV Analog Menjadi TV Digital

Namun sekarang masyarakat menengah ke bawah juga dapat menikmati siaran TV digital dengan biaya murah. Bahkan anda bisa menikmati TV digital dengan menggunakan TV analog anda. Perlu diketahui bahwa saat ini ada tiga sistem siara televisi, yaitu siaran tv digital yang dipancarkan lewat kabel (cable TV) sistem penyiarannya dinamakan DVB-C (Digital Video Broadcasting-Cable), siaran TV digital yang dipancarkan lewat satelit dinamakan DVB-S (Digital Video Broadcasting-Sattelite), terakhir siaran TV digital lewat darat (tanpa parabola) dinamakan DVB-T (Digital Video Broadcasting-Terrestrial). Untuk Indonesia sendiri menggunakan standar DVB-T generasi ke-dua (DVB-T2).

Siaran TV digital lewat darat yaitu stasiun TV memancarkan sinyal TVdigital lewat pemancar atau relay pemancar, diterima antena UHF/VHF  dan dinikmati. Dengan cara ini maka siaran TV digital bisa dinikmati tanpa harus berlangganan dan tanpa harus menggunakan prabola. Jadi kondisinya sama seperti nonton TV zaman dulu, beli TV + antena UHF/VHF, bahkan antena dalam rumah (indoor). Namun tentu saja, untuk bisa menikmat siara TV digital tanpa langganan dan parabola tersebut pesawat televisi anda harus sudah support atau sudah bisa menerima sinyal TV digital DVB-T2. Meskipun penjual TV LCD/LED mengklaim televisinya sudah digital, belum tentu sudah suport dengan DVB-T2 karena mungkin TV tersebut baru memiliki teknologi DVB-T. Sekarang berdasarkan kajian dan konsultasi dengan pelaku industri penyiaran, akhirnya sepakat mengganti standard penyiaran digital dari DVB-T ke DVB-T2 dan ditetapkan dalam Peraturan Menteri Komunikasi Informasi No: 5 Th 2012

Agar anda tetap bisa menikmati siaran TV digital dengan menggunakan televisi analog, maka anda harus memiliki alat yang berfungsi untuk menerima sinyar siaran TV digital yaitu DVB-T2. Alat ini disebut Set Top Box DVB-T2. Caranya sangat mudah, silakan anda beli alat tersebut di toko elektronik terdekat kemudian pasang di rumah anda. Antena UHF/VHF yang biasa dicolokkan ke pesawat TV sekarang dicolokkan ke Set Box DVB-T2, kemudian pasang kabel Video dan Audio dari DVB-T2 ke pesawat televisi anda layaknya memasang CD/DVD Player atau memasan receiver parabola ke televisi.

Nama Merk Set Box DVB-T2


Dengan cara ini maka anda sudah bisa menikmati siaran televisi digital tanpa harus berlangganan dan membeli parabola. Set Box TV DVB-T2 sudah tersedia di berbagai toko elektronik dengan pilihan berbagai macam merk dan harga. Berikut ini nama merk dan daftar harga Set Box DVB-T2:

1.  Polytron

Set top box Polytron merupakan set top box asli buatan Indonesia. Harga dipasaran sekitar 400-500rb an. Sejak pertama kali beredar dipasaran pada tahun 2014 hingga sekarang, harga polytron selalu stabil (tidak mengalami kenaikan atau penurunan yg signifikan), untuk tipe dan model juga tidak mengalami perubahan.

2. Skybox

Merk ini adalah set top box terlaris saat ini. Harga lumayan murah sekitar 300rb an. Merk ini merupakan produk China. Set top box skybox sendiri terdiri hanya satu jenis yaitu tipe DVBT2 H-1. Namun hingga saat ini sudah mengalami perubahan tampilan sebanyak 3 kali.

3. Venus

Set top box venus merupakan salah set top box dengan usia yang paling muda. Baru muncul sekitar akhir tahun 2105. Venus merupakan produk yang terkenal di dunia parabola. Venus adalah produk asli Indonesia. Harga set top box ini sedikit lebih mahal dibandingkan dengan skybox. Namun tetap berada di kisaran Rp 300rb an.

4. Ichiko

Ini merupakan set top box yang baru muncul pada tahun 2016.  Merk Ichiko merupakan pemain lama di dunia media player dengan harga murah. Harga set top box ichiko termasuk yang paling murah sekitar IDR 200.000 – IDR 300.000.

Demikianlah postingan cara untuk merubah tv analog menjadi tv digital di Sorinfo. Semoga postingan ini bermanfaat untuk anda semua yang sedang ingin mengganti tv analog menjadi tv digital.
Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk bagikan ke sosial media anda. Terimakasih telah membagikan artikel ini, temukan artikel lain yang menarik di bawah ini.

Berkomentar dengan cara yang santun dan berhubungan dengan artikel.
EmoticonEmoticon