Sunday, March 11, 2018

Cara Mudah Mengecek Power Supply Masih Hidup atau Mati

Power supply di komputer sangat berguna dan menjadi fungsi penting bisa hidupnya komputer. Komputer yang dijaga dengan baik akan bertahan lama. Power supply seharusnya juga dicek setelah kita mengguna komputer, apakah masih hidup atau sudah mati. Hal ini mungkin terjadi di saat kamu sedang enak menggunakan komputer dan karena malas dalam mengecek keadaan supply di komputer, namun ini akan berdampak terhadap kinerja komputer jika terus di biarkan terhadap komputer.

Cara Mudah Mengecek Power Supply Masih Hidup atau Mati

Mungkin kamu pernah mengalami komputer kamu mati total. Komputer mati total jika kamu menekan powernya komputer tidak menyala atau hidup sama sekali. Kemungkinannya ada dua masalah. Jika komputer ketika dinyalakan tetap tidak hidup dan tetap mati, kemungkinan yang terjadi adalah:

  • Kabel power putus atau bahkan saluran listriknya putus.
  • Power Supply mengalami kerusakan, bisa drop (nyala sebentar terus mati) dan bisa mati total.

Lalu bagaimana cara mengecek power suply masih hidup, mati atau rusak? Pada postingan ini kita akan cari cara mengecek power supply dengan benar. Power supply yang bakal dibahas adalah jenis power supply ATX.

Ini Cara Mengecek Power Supply Jenis ATX


Berikut ini adalah cara untuk mengecek power supply jenis ATX yang anda miliki. Simak langkah-langkah di bawah secara lengkap:

  1. Siapkan power supply yang akan dicek
  2. Siapkan clip kertas yang telah diluruskan
  3. Cari kabel yang berwarna hijau dan hitam, kemudian hubungkan dengan menggunakan klip kertas tersebut. Untuk lebih jelasnya, silakan bisa lihat gambar dibawah
  4. Colokkan kabel powernya ke listrik.
  5. Perhatikan kipas Power Supply, kalau berputar berarti Power Supply hidup.
  6. Akan tetapi Kipas Power Supply berputar belum tentu menandakan bahwa power supply itu bagus, karena ada banyak kasus power supply ATX itu mengalami arus/daya drop sehingga ketika disambungkan ke mainboard dan di bebani dengan harddisk, Komputer tetap tidak nyala/mati tapi kondisi fan masih berputar. Kondisi inilah yang dinamakan Power Supply Ngedrop. 

Ini Tanda Power Supply Anda Drop atau Lemah


Berikut tanda power supply yang drop:

  • Komputer sering Hang sendiri.
  • USB port menjadi tidak berfungsi.
  • Kadang-kadang komputer restart sendiri.
  • Komputer nyala tampil di monitor tapi harddisk tidak terdeteksi di BIOS.

Demikianlah cara mengecek power supply di komputer ini. Semoga artikel di atas dapat membantu dan menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk teman-teman semua. Jangan lupa untuk cek secara berkala jika sudah selesai bermain komputer.
Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk bagikan ke sosial media anda. Terimakasih telah membagikan artikel ini, temukan artikel lain yang menarik di bawah ini.

Berkomentar dengan cara yang santun dan berhubungan dengan artikel.
EmoticonEmoticon