Saturday, March 17, 2018

Cara Merawat Kartu Grafis atau Graphic Card Komputer Agar Awet

Kali ini Sorinfo membagikan mengenai seputar cara merawat kartu grafis atau biasa dikenal dengan graphic card. Bagaimana cara agar graphic card atau kartu grafis bisa lebih tahan lama di komputer kita?

Cara Merawat Kartu Grafis atau Graphic Card Komputer Agar Awet

Apa tips untuk membuat kartu grafis lebih awet tahan lama? Jawabannya tentu bisa. Kartu grafis atau graphic card merupakan salah satu komponen komputer/PC yang sangat penting, karena berhubungan langsung dengan kualitas suatu gambar dan video yang dihasilkan pada layar monitor.

Pengertian Graphic card atau Kartu Grafis


Menurut wikipedia bahasa inggris, Graphic Card  adalah sebuah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menghasilkan output gambar yang di layar. Berbagai fungsi yang ditawarkan oleh kartu grafis kebanyakan seperti rendering percepatan adegan 3D dan grafis 2D, TV output, MPEG-2/MPEG-4 decoding, atau kemampuan untuk menghubungkan beberapa monitor (multi monitor). Mungkin anda pernah mendengar yang mengatakan bahwa kartu grafis sama dengan VGA, padahal VGA itu merupakan salah satu komponen yang ada pada kartu grafis.

Ini Cara Merawat Kartu Grafis Komputer


Lalu bagaimana cara agar Kartu Grafis dapat lebih awet dan panjang umur? Berikut tips agar Graphic Card atau Kartu Grafis bisa lebih awet dan panjang umur:

  1. Usahakan Chipset Graphic card anda selalu dalam keadaan dingin dan tidak dalam keadaan panas berlebih, seperti dengan cara menambahkan heatsink.
  2. Graphic card jangan di over clock terlalu exstrim karena hal ini dapat menjadikan Chipset Graphic anda selalu dalam kondisi panas berlebih yang tentunya akan menyebabkan usia Graphic Card anda semakin pendek.
  3. Jangan terlalu sering melepas Graphic card anda dari Motherboardnya karena hal ini bisa membuat pin atau konektor yang ada pada kaki Graphic card maupun Slot Motherboarnya lecet, atupun Rusak. Lepas Graphic card anda seperlunya, seperti ketika akan membersihkanya, berhati hatilah saat melepasnya.
  4. Jangan menggunakan Resolusi Layar Monitor terlalu tinggi, Utamanya ketika main game, jika Graphic card anda  kualitasnya standart, usahakan ketika main game yang berat, atur refresh rate yang rendah ataupun menengah saja, hal itu mengurangi graphic card bekerja ekstrim ketika bermain game.
  5. Kalau Bisa jangan Bermain Game dalam jangka waktu yang terlalu lama, karena ketika anda asyik bermain game, tanpa anda sadari Graphic card anda sedang dalam kondisi dan panas yang sangat ekstrim, bermain game berat utamanaya usahakan 4 - 5 jam lalu istirahatkan komputer anda sejenak.
  6. Usahakan Driver yang anda Install untuk Graphic card tersebut adalah driver asli bawaanya, yang anda dapatkan ketika membelinya, tentu akan lebih stabil dalam setiap performnya.

Demikianlah tadi beberapa ulasan cara agar graphic card dapat bisa lebih awet dan panjang umur. Jika anda mempunyai cara dan tips yang lain boleh menambahkan lewat komentar di bawah. Semoga bermanfaat bagi anda semua yang sedang berusaha agar kartu grafis anda awet.
Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk bagikan ke sosial media anda. Terimakasih telah membagikan artikel ini, temukan artikel lain yang menarik di bawah ini.

Berkomentar dengan cara yang santun dan berhubungan dengan artikel.
EmoticonEmoticon