Tuesday, May 1, 2018

Tahapan Perkembangan Psikososial Masa Dewasa

Dalam perkembangan  manusia dalam ilmu psikologi ada yang namanya masa dewasa. Pada masa ini  terbagi menjadi dua yaitu dewasa awal dan akhir. Kesempata kali ini  Universitas Psikologi akan membahas pada masa dewasa awal. Terkhusus  pembahasan ada pada aspek psikosoial dewasa awal.  Erikson (dikutip dalam Hurlock, 2003), menekankan teori pada pengaruh  sosial terhadap perkembangan individu. Beliau menekankan pada  konflik-konflik yang dihadapi individu, yang berada dalam 2 titik  (positif dan negatif), yang menimbulkan krisis. Terselesainya suatu  krisis akan berpengaruh baik dalam perkembangan individu, jika krisis  tidak terselesaikan maka yang terjadi adalah sebaliknya. 

Tahapan Perkembangan Psikososial Masa Dewasa

Tahap perkembangan psikososial Erikson, masa dewasa awal berada pada  tahap ke-6 yaitu “intimidasi vs isolasi”. Jika seorang dewasa awal tidak  dapat membuat komitmen personal yang dalam terhadap orang lain, maka  mereka akan terisolasi dan terpaku pada kegiatan dan pikiran sendiri  (self absorb).  Baca Juga      Perkembangan Psikososial yang Terjadi pada Remaja     Perkembangan Fisik dan Kognitif yang Terjadi pada Remaja

.Tahapan Perkembangan dan Faktor-faktor Pengaruh Perkembangan Manusia  Akan tetapi, mereka juga butuh kesendirian sebagai upaya merefleksikan  kehidupan meraka. Ketika mereka berusaha menyelesaikan tuntutan saling  berlawanan dari intimidasi, kompetisi dan jarak, mereka mengembangkan  pemahaman etis, yang dianggap Erikson sebagai tanda kedewasaan (Papalia  et al., 2009). 

Pada masa dewasa awal, individu berhadapan dengan masa membangun  hubungan intimdengan orang lain. Konflik yang dihadapi adalah kemampuan  untuk berbagi perasaan dengan orang lain atau menutup diri. Individu  yang berhasil membagi perasaannya akan mendapat perasaan mesra dan  keintiman. Jika yang terjadi sebaliknya, maka individu akan merasa  kesepian dan terasing atau kecil (Hurlock, 2003).

Pernikahan memungkinkan pembagian dalam hal konsumsi  dan pekerjaan. Pernikahan menawarkan intimasi, komitmen, persahabatan,  kasih sayang, pemuasan seksual.  Selain itu pernikahan juga menawarkan, pendampingan dan peluang bagi  pertumbuhan emosional, serta sumber identitas dan kepercayaan diri.  Kehadiran seorang anak merupakan kebahagiaan tersendiri dan  mengembangkan kecemasan dan tanggung jawab akan masa depan anaknya  (Papalia et al., 2009).  Sekian artikel Universitas Psikologi tentang Perkembangan Psikososial  yang Terjadi pada Dewasa Awal. Semoga bermanfaat.
Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk bagikan ke sosial media anda. Terimakasih telah membagikan artikel ini, temukan artikel lain yang menarik di bawah ini.

Berkomentar dengan cara yang santun dan berhubungan dengan artikel.
EmoticonEmoticon