Wednesday, March 14, 2018

Cara Menciptakan Font Sendiri dengan Menggunakan Coreldraw

Banyak sekali orang kreatif yang berkreasi salah satunya adalah menciptakan sebuah font. Pernahkah terbayangkan untuk menciptakan sebuah font dengan style atau pun gaya teman sendiri dan dimasukkan ke dalam Coreldraw. Mungkin ada yang pernah terbayang di kepalanya untuk melakukan hal tersebut. Sebenarnya font yang telah disediakan oleh sistem operasi yang anda gunakan sudah cukup keren dan menarik.

Cara Menciptakan Font Sendiri dengan Menggunakan Coreldraw

Namun, mungkin ada yang ingin menyalurkan ide yang ada di pikirannya untuk menciptakan suatu font baru dengan style sendiri. Jika memang anda orang yang pernah berpikir begitu, maka tips kali ini akan sangat bermanfaat untuk mewujudkan hal itu. Karena kali ini akan membahas tentang bagaimana tips membuat font sendiri dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Corel Draw.

Langkah Membuat Font Sendiri di CorelDraw


Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat font yang baru "mudah-mudahanberhasil"
  • Buat dan rencanakan tipe font seperti apa yang anda ingin ciptakan.
  • Kemudian, buat satu design untuk semua ukuran dan buat design karakternya pada ukuran 720n poin (pt). Hal ini bertujuan agar anda dapat dengan mudah melihat kesalahan garis atau kesalahan lainnya dan nantinya desagn akhir yang anda buat, secara otomatis akan sesuai dengan persyaratan yang disebut oleh Coreldraw’s font export filter.
  • Kemudian, jika design font memiliki bentuk lengkung atau sudut lengkung, maka pastikan untuk menciptakan lengkungan secara konsisten di semua karakter alias harus sama bulat atau lengkungnya.
  • Jangan lupa awasi node yang berlebihan atau kebanyakan pada font karakter nya dengan cara sederhanakan jumlah node objek nya.
  • Boleh saja gunakan kembali bentuk-bentuk font yang sudah tersedia.
  • Selanjutnya, ciptakan dan copy bagian-bagian huruf untuk digunakan pada karakter huruf yang mirip. Inilah yang termasuk karakter dan bentuk kelengkungannya seperti Serif serta Stroke vertical, horizontal, dan diagonal.
  • Jangan lupa juga gunakan fitur Special Character di Coreldraw dengan cara Ctrl + F11 atau bisa pilih di menu bar Text -> Insert Symbol Character.
  • Buat juga Master guidelines untuk menjaga kerapian dan konsistensi tiap karakter huruf yang anda buat.
  •  Terakhir, gunakan Objek Manager untuk membuat pedoman dan mengawasi layernya.
Demikian cara yang dapat digunakan jika anda ingin menciptakan sebuah font sendiri menggunakan Coreldraw. Teruslah berkarya untuk menciptakan sesuatu yang baru dan bermanfaat buat orang banyak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda yang sedang belajar atau membuat font sendiri secara profesional.
Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk bagikan ke sosial media anda. Terimakasih telah membagikan artikel ini, temukan artikel lain yang menarik di bawah ini.

Berkomentar dengan cara yang santun dan berhubungan dengan artikel.
EmoticonEmoticon