Monday, April 9, 2018

Cara Mengetik Tulisan Menggunakan Suara di Android

Menggunakan smartphone android dapat memudahkan para penggunanya dalam berbagai hal termasuk cara yang digunakan untuk mengetik tulisan atau pesan hanya dengan menggunakan suara. Cara mengetik dengan menggunakan suara pada android adalah suatau cara agar pengguna android dapat dengan mudah menulis sebuah pesan dan tulisan lainnya. Fitur ini ditambahkan oleh OS android untuk mempermudah penggunanya.
Cara Mengetik Tulisan Menggunakan Suara di Android
 
Selain itu bisa saja ada manfaatnya jika anda pengguna android mengaktifkan fitur mengetik tulisan hanya dengan menggunakan suara saja. Memang ada waktunya kita malas mengetik dengan alasan lelah dan lainnya. Alasan lainnya bisa jadi karena banyaknya kesalahan dalam menekan huruf di keyboard android.

Bagi anda yang sering melakukan kesalahan menulis di android sebaiknya anda mengaktifkan fitur ini. Langkah demi langkah untuk mengaktifkan fitur ini pun terbilang mudah dan cepat. Anda tidak perlu lagi memakai aplikasi tambahan pihak ketiga dan semacamnya. Berbeda dengan cara dulu yang dipakai yaitu dengan menggunakan voice to text atau speech to text. 

Cara Mengatur Keyboard Android Untuk Mengetik Melalui Suara


Sekarang ini anda hanya perlu menggunakan cara pengaturan di keyboard dan anda sudah bisa menikmati fitur ini. Untuk lebih lanjutnya langsung saja saja kita mengaktifkan fitur suara di keyboard android ini. Pertama buka terlebih dahulu Setting atau Pengaturan di android anda. Scroll ke bagian bawah sampai anda menemukan menu  dengan tulisan Bahasa & Masukan.

Kemudian anda pilih menu Bahasa & Masukan tadi dan pilih menu dengan tulisan Pengetikan Google Voice. Pastikan terlebih dahulu pengaturan Pengetikan Google voice  di android anda ini adalah Otomatis.

Sekarang anda perhatikan pada menu Bahasa, pastikan kembali pada pengetauran bahasa ini adalah Bahasa default: Bahasa Indonesia (Indonesia) untuk nantinya android dapat mengenal suara pengucapan anda dalam Bahasa Indonesia.

Baca Juga: Cara Membuat Android Berbicara Membacakan Sebuah Tulisan 

Cara Mengatur Settingan Bahasa di Keyboard Android


Jika anda belum mengubahnya, silakan anda lakukan klik pada menu Bahasa tersebut sehingga kemudian akan ada daftar bahasa yang bisa digunakan oleh keyboard android anda. Dan pada bagian ini silakan anda pilih bahasa sesuai keinginan anda misalnya Bahasa Indonesia (Indonesia). Terakhir anda bisa melakukan langkah penyimpanan pengaturan (Save). 

Selanjutnya lakukan uji coba terlebih dahulu apakah android anda sudah bisa menggunakan fitur mengetik dengan suara tersebut. Silahkan lakukan pengetesan di media sosial anda atau catatan di android anda. Perhatikan apakah sudah terdapat sebuah icon mircrophone kecil di keyboard android anda? Kalau sudah ada icon microphone tersebut berarti artinya anda sudah berhasil dan bisa menggunakan suara anda untuk mengetik di android.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi HP Smartphone Android Lelet atau Lemot 
 

Cara Menggunakan Suara Untuk Mengetik di Android


Untuk penerapannya bisa anda mulai dengan menggunakan suara pada android pencet icon microphone tersebut seingga microphone memberikan respon untuk berbicara. Jika sudah memberikan respon silakan anda mulai berbicara apa saja yang anda ingin katakan dan perhatikan android anda akan merespon dengan cepat dan menampilkan sebuah tulisan sesuai dengan apa yang anda ucapkan. Selamat, android anda sudah bisa melakukan menggunakan cara mengetik dengan hanya menggunakan suara.

Demikian cara yang bisa dilakukan agar keyboard android bisa menjalankan fungsi mengetik sendiri dengan menggunakan suara. Tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi anda yang biasanya mengalami kesalahan penulisan terus. Sekarang anda hanya dengan mengucapkan sebuah kalimat pada android anda maka android akan mengetiknya sendiri.
Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk bagikan ke sosial media anda. Terimakasih telah membagikan artikel ini, temukan artikel lain yang menarik di bawah ini.

Berkomentar dengan cara yang santun dan berhubungan dengan artikel.
EmoticonEmoticon