Sunday, April 1, 2018

Cara Awet Merawat Baterai Laptop Anda Agar Tahan Lama

Penggunaan laptop yang sering tentu mempengaruhi performa laptop terutama pada baterai. Lalu bagaimana cara awet merawat baterai laptop? Baterai merupakan komponen utama pada laptop yang berguna sebagai sumber satu daya. Daya pada baterai memiliki keterbatasan, biasanya dengan daya baterai 100% laptop bisa menyala 4 hingga 6 jam secara normal pada umumnya. Namun, jika melakukan aktivitas kinerja yang tinggi pada laptop sehingga memakan jumlah RAM yang besar dan kecepatan CPU yang tinggi hal ini dapat membuat baterai hanya bisa bertahan 2 sampai 3 jam saja.

Cara Awet Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama

Baterai laptop juga memiliki masa pakai yang pada umumnya kita tahu yakni 2 sampai 4 tahun. Jika penggunaan laptop secara normal, maka pergantian baterai mungkin dilakukan di tahun ke 3 atau ke 5. Kerusakan pada baterai biasanya terjadi kebocoran yang mengakibatkan daya baterai tidak bisa bertahan normal dan cepat habis.

Cara Merawat Baterai Laptop


Namun, anda jangan khawatir postingan kali ini Sorinfo akan berbagi tips cara merawat baterai laptop agar tahan lama dan tidak cepat habis atau baterai laptop menjadi bocor. Berikut ini adalah cara awet untuk merawat baterai laptop agar tahan lama:

  1. Laptop baru biasanya baterai dalam kondisi tidak ada daya atau kosong. Charger dahulu baterai 4 sampai 8 jam hingga indikator lampu baterai menunjukkan warna hijau.
  2. Gunakan baterai laptop jika disekitar anda tidak ada colokan listrik, namun jika ada colokan listrik, maka lepas baterai dan gunakan colokan listrik yang ada sebagai sumber catu daya laptop. Hal ini untuk menghindari suhu panas pada laptop, karena dapat mempersingkat umur baterai.
  3. Jangan sampai indikator pada laptop menunjukkan daya baterai tersisa 0%. Hal ini dapat merusak komponen-komponen hardware pada laptop. Setting pengaturan pada baterai laptop untuk menunjukkan indikator jika daya baterai laptop tersisa 10%.
  4. Jangan membiarkan charger tetap mencolok pada waktu baterai sudah terisi penuh 100%. Segera cabut colokan, karena hal itu dampak pada umur baterai.
  5. Untuk menghemat daya baterai laptop, matikan wifi jika anda tidak sedang browsing.
  6. Setting layar jangan terlalu terang, karena hal itu membuat daya baterai cepat habis.
  7. Jika sedang menggunakan multimedia misalnya menonton film atau mendengarkan musik, setting untuk menggunakan headset. Karena penggunaan speaker dapat menyerap daya baterai lebih cepat.
  8. Gunakan adaptor charger original untuk menghindari kebocoran daya baterai.
  9. Charger baterai laptop dalam keadaan laptop mati atau tidak menyala.
  10. Jangan colokan adaptor charger laptop pada terminal yang bercabang banyak. Hal ini untuk menghindari tidak stabilnya arus listrik yang mengalir pada laptop.

Tips merawat baterai laptop di atas berlaku untuk berbagai macam-macam laptop misalnya Accer, Asus, Lenovo, HP, Toshiba dan lainnya. Cara ini bersifat umum dan bisa anda terapkan dengan baik dan benar pada laptop yang anda miliki.

Demikianlah postingan mengenai cara awet merawat baterai laptop agar tahan lama. Cara di atas adalah cara yang direkomendasikan oleh teknisi komputer dan laptop jadi aman diikuti. Juga cara merawat baterai laptop ini juga sudah dilakukan oleh banyak orang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dalam merawat baterai laptop anda.
Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk bagikan ke sosial media anda. Terimakasih telah membagikan artikel ini, temukan artikel lain yang menarik di bawah ini.

Berkomentar dengan cara yang santun dan berhubungan dengan artikel.
EmoticonEmoticon